Rancang Bangun Kendaraan Multy Axle Sebagai Solusi Mengatasi Beban Lebih yang Merusak Jalan Raya

Rancang Bangun Kendaraan Multy Axle Sebagai Solusi Mengatasi Beban Lebih yang Merusak Jalan Raya

Kerusakan jalan mengindikasikan kondisi struktural dan fungsi jalan yang sudah tidak mampu memberikan pelayanan yang optimal terhadap pengguna jalan, seperti ketidaknyamanan dan ketidakamanan kendaraan di atas permukaan jalan yang bergelombang dan licin.

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu penyebab kerusakan jalan adalah beban yang harus diterima oleh jalan akibat pengoperasian kendaraan berat seperti truk-truk besar dan angkutan peti ekmas serta kendaraan berat lainnya dan ditambah lagi kurangnya pengawasan terhadap muatan lebih di jembatan timbang sehingga makin mempercepat umur kerusakan jalan tersebut.

Untuk mengurangi beban lebih dapat dilakukan dengan menambah jumlah axle yang berarti jumlah roda yang menopang kendaraan barang semakin banyak sehingga beban tiap roda semakin kecil. Kondisi ini akan mengurangi beban jalan sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan jalan.

Penambahan axle pada kendaraan barang saat ini sangat mungkin dilakukan dapat dilakukan karena komponen komponen yang diperlukan banyak dijual di pasar bebas. Dengan demikian penambahan axle dapat dilakukan dengan memodifikasi kendaraan barang yang ada berdasarkan desain modifikasi yang memenuhi kaidah teknis, dan mengikuti prosedur kelaikan jalan sesuai peraturan yang ditetapkan.

BPPT, khususnya unit Pusat Teknologi Industri dan Sistem Transportasi (PTIST) mendapat tugas dari UKP4 untuk melakukan pengembangan teknologi kendaraan multy axle sebagai salah satu solusi mengatasi kerusakan jalan raya yang banyak terjadi saat ini.

Untuk memenuhi tuntutan tersebut maka akan dilakukan rancang bangun kendaraan barang multy axle sebagai upaya mencegah terjadinya beban lebih yang berdampak merusak jalan raya. Hasil rancang bangun tersebut dapat diterapkan pada kendaraan barang yang telah digunakan saat ini, atau sebagai rekomendasi bagi industri otomotive untuk membuat kendaraan multy axle yang sesuai dengan kondisi jaringan jalan di Indonesia.

Keterangan lebih lanjut hubungi: Ir. Setyo margo Utomo, M.Eng. Telp: 021-75875940

Sumber: Program PKPP Kemenristek 2012 – http://pkpp.ristek.go.id/index.php/penelitian/detail/123

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s