Rekayasa Teknologi Proses Produksi Rubber Air Bag untuk Transportasi Peluncuran Kapal dari Galangan

Indonesia adalah salah satu negara penghasil karet alam terbesar didunia, akan tetapi pemanfaatan karet alam tersebut masih sangat terbatas pada produk-produk umum yang memiliki sedikit nilai tambah, padahal dengan sentuhan teknologi, karet alam tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuat produk teknik yang memiliki nilai tambah tinggi. Salah satu produk karet teknik tersebut adalah rubber air bag produk tersebut telah diproduksi oleh industri di dalam negeri dan sebagian besar masih diimpor, dengan kualitas dan harga yang sangat beragam.

Dalam kegiatan ini akan akan dilakukan pengkajian dan penerapan teknologi serta rekayasa proses dan manufaktur rubber air bag dimulai dari tahapan formulasi sampai dengan pembuatan prototipe rubber air bag , bekerjasama dengan industri hilir karet dalam negeri dan juga dengan industri pengguna.

Penelitian ini akan dilakukan secara bertahap, diawali dengan studi literatur, pengkajian proses dan manufaktur, pengumpulan data tentang spesifikasi teknis yang dibutuhkan agar produk tersebut dapat dimanfaatkan sebagai komponen pada berbagai industri. Selanjutnya data-data tersebut akan mendasari pembuatan dan desain formula-formula kompon karet, dimana dari formula yang dihasilkan kemudian dibuat sampel-sampel uji dan model produknya.

Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah : pengumpulan data, survey, studi banding, pembuatan formula, pembuatan sampel, pengujian sampel, pembuatan disain enjiniring, diakhiri dengan pembuatan dan pengujian model rubber air bag.

Keterangan lebih lanjut hubungi: Ir.Siswanto, MSc. – Telp: (021) 7587 5941 ext. 128

Sumber: PKPP Ristek 2012.

Leave a comment