Perekayasaan dan Pengembangan Teknologi Barang Teknik Karet Komponen Kendaraan Bis

Perekayasaan dan Pengembangan Teknologi Barang Teknik Karet Komponen Kendaraan Bis

Indonesia adalah salah satu negara penghasil karet alam terbesar didunia, akan tetapi pemanfaatan, Heater Hose, Hydraulic Hose & Assemblies, Mountings, Mud, Flaps, Overflow Hose, Radiator Hose (straight atau moulded), Spacers, Washer Hose, Rubber Washers, Rubber Seal, Rubber bellow, Air Brake Diaphragma, Slang Air Brakekaret alam tersebut masih sangat terbatas pada produk-produk umum yang memiliki sedikit nilai tambah, padahal dengan sentuhan teknologi, karet alam tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuat produk teknik yang memiliki nilai tambah tinggi. Salah satu produk karet teknik tersebut adalah komponen kendaraan kendaraan bis, seperti Air Seals, Baffles, Clips/Clamps (double ear, spring, worm drive etc), Door Seals, Grommets, Air Spring, Rubber Vinil, Rubber Terminal Protector dan lain sebagainya, komponen-komponen tersebut beberapa telah diproduksi oleh industri di dalam negeri dan sebagian besar masih diimpor.

Dalam kegiatan ini akan dilakukan pengkajian dan penerapan teknologi proses dan manufaktur sampai dengan pembuatan model dan kemudian prototipe komponen kendaraan bis jenis bantalan angin (Rubber Air Spring), bekerjasama dengan industri hilir karet dalam negeri dan juga dengan industri kendaraan bis nasional. Pemilihan produk tersebut karena sampai dengan saat ini produk tersebut masih 100% diimpor.

Penelitian ini akan dilakukan secara bertahap, diawali dengan studi literatur, pengkajian proses dan manufaktur, pengumpulan data tentang spesifikasi teknis yang dibutuhkan industri kendaraan bis agar produk tersebut dapat dimanfaatkan sebagai komponen pada industri kendaraan bis nasional. Selanjutnya data-data tersebut akan mendasari pembuatan dan desain formula-formula kompon karet, dimana dari formula yang dihasilkan kemudian dibuat sampel-sampel uji, dilanjutkan dengan pembuatan model dan kemudian pembuatan prototipe produk.

Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah : pengumpulan data, survey, studi banding, pembuatan formula, pembuatan sampel, pengujian sampel, pembuatan disain enjiniring, diakhiri dengan pembuatan dan pengujian model, dan prototipe.

Keterangan lebih lanjut hubungi: Ir. Yanti Rayana Dewi, M.Eng., Telp: 021 – 75875941 ext. 128

Sumber: Program PKPP Kemenristek 2012 – http://pkpp.ristek.go.id/index.php/penelitian/detail/109

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s